Nama : Ira Rahmadina
NPM : 53415416
Kelas : 3IA22
Nama Dosen : Yudi Irwan Chandra
Mekanisme
Grafik Scene Game Komputer
I.
Visibility
Adalah tampilan grafik scene game pada
komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas
sehingga user menikmati game tersebut. Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya
istilah tersebut tidak berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja
2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan
sebagainya yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
II.
Jenis
Pemodelan grafik pada Game
·
Dua Dimensi
Adalah yang dimana dimensi panjang dan
lebar dalam satu bidang datar, jadi hanya ada panjang dan lebar saja tanpa
adanya dimensi tebal. Bidang dua dimensi dapat digambarkan dengan sumbu X dan
Y.
·
Tiga Dimensi
Adalah adanya dimensi tebal pada gambar
sehingga menjadikan gambar jauh lebih nyata dari pada gambar dua dimensi.
Bisaanya bidang tiga dimensi dinyatakan dengan sumbu X Y dan Z.
III.
Penampilan
Grafik Scene Pada Komputer
·
LOD
Dalam komputer grafis, akuntansi untuk
tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti
bergerak menjauh dari penampil atau sesuai metrik lainnya seperti objek
penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi.Tingkat teknik detil
meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa
grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model
sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau
bergerak cepat.
Meskipun sebagian besar waktu LOD
diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan. Baru-baru
ini, teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol
kompleksitas pixel.Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk
tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan
kualitas rendering yang lebih tinggi.Ini adalah hal yang lumrah untuk
mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh
mendasari algoritma LOD-ing.
·
Terrain LOD
Dalam suatu game, Terrain merupakan model
yang sangat besar. Membuat setiap pointnya secara eksplisit sangatlah tidak
mungkin, maka metoda untuk mengotomatiskan pembangkitan Terrain merupakan hal
biasa.Ketika proses rendering, sebagian dari Terrain tertutup dan sebagian lain
sangat jauh, oleh karena itu dikembangkanlah Terrain LOD algorithms.
Terrain, atau sering juga disebut dataran, merupakan
salah satu data yang penting dalam pemodelan pemograman grafik. Terrain umumnya diimplementasikan untuk
obyek – obyek yang statis. Salah satu implementasi terrain yang banyak digunakan adalah dalam pemodelan
lanskap. Contoh pemodelan lanskap adalah pemodelan bentangan tanah, pinggiran
pantai, pegunungan dan lain sebagainya. Penggunaan visualisasi terrain sebagai
model lansekap ini banyak didapati dalam game motor rally dan real – time
strategy.
Perbandingan Terrain LOD dengan
Traditional LOD. Perbandingan dengan Traditional LOD adalah tergantung pada
bagaimana data itu dibagi dalam perlakuan hirarkinya.
Game
Berbasis Jaringan
Game Online
atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan
di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Sebuah game online adalah
permainan video yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer ,
menggunakan komputer pribadi atau konsol video game.
Perkembangan
game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan
jaringan computer itu sendiri. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960,
computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu
muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa
memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu
ruangan yang sama (Multiplayer Games). Meledaknya game online sendiri merupakan
cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small
local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang
Game Desktop
·
Game desktop berjalan secara mandiri
dengan cara menginstal terlebih dulu atau game yang dapat diakses dari web
biasa disebut WebGame
·
Akses game desktop pada umumnya memerlukan
koneksi internet karena aplikasi biasanya dapat meminta update yang tersedia
membuat game terus berkembang.
·
Modifikasi pengaturan pada game desktop
lebih mudah dan proses membuka aplikasi lebih cepat
·
Game desktop umumnya memiliki lisensi dan
belum tentu mendukung semua sistem operasi. Misalnya, satu aplikasi hanya bisa
dibuka di OS Windows, maka aplikasi tersebut tidak bisa dibuka di sistem
operasi lainnya. Beda cerita, jika pengembang aplikasi tersebut kemudian
mengembangkan aplikasi yang mendukung semua sistem operasi.
· Game desktop tidak bisa dengan mudah
diakses di berbagai perangkat. Misalnya, komputer A telah terpasang aplikasi
desktop X. Ketika kita membuka komputer B, kita tidak bisa membuka aplikasi
desktop X karena belum terinstal. Agar bisa digunakan, tentu harus menginstal
aplikasi X tersebut.
·
Game desktop sangat bergantung pada
spesifikasi komputer yang menjalankannya. Beberapa aplikasi desktop dengan kemampuan
dan fitur tinggi umumnya membutuhkan spesifikasi yang tinggi juga.
Game Mobile
·
Game mobile lebih efisien dan mudah untuk dibawa-bawa
·
Game mobile tidak memerlukan kapasitas memori yang besar
·
Game mobile diunduh melalui playstore dengan menggunakan koneksi internet
·
Game mobile terdiri dari dua jenis yaitu offline dan online
Game
Desktop cendrung memiiki kualitas terbaik, sebab Perangkat yang kita gunakan ketika bermain memang
memiliki kapasitas besar tapi game jenis Desktop ini sering kali menyita waktu ketika bermain,
sedangkan game jenis Mobile tidak memiliki Kualitas sebagus game Desktop
karena pada perangkat Android/iOs anda menjalankan program yang sangat
besar hal itu akan sulit untuk diproses, ketika game berlangsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar